Wednesday 6 February 2013

Mengapa unsur nitrogen memiliki jumlah yang paling banyak di udara?

        Berselancar didunia nampaknya sekarang menjadi hobi baru ku, klik sana, klik sini, buka situs ini, buka situs itu. Ngeliat perubahan dunia yang begitu cepat terjadi. Eh lagi asyik buka – buka situs. Saya menemukan artikel yang menurut saya bagus juga untuk dibagikan sesama tekim indonesia. Bagi saya mimpi adalah suatu hal yang wajib untuk dimiliki oleh seseorang.

Awal dari sebuah perubahan membuatku ketagihan mencari sesuatu yang baru. Dunia ini kadangkala membuat  kita tak sadar, karena begitu banyaknya permasalahan yang terlalu larut kita pikirkan. Well kamu mesti fun your live....!!!!! .
Well kembali ke topik awal........Mengapa unsur nitrogen memiliki jumlah yang paling banyak di udara????

Kita, manusia dan makhluk bernafas lainnya menghirup udara yang terdiri dari oksigen dan nitrogen.

Selanjutnya di bagian alveoli dari paru-paru, darah kita hanya mengambil oksigen. Gas-gas lain semisal nitrogen, CO2, dan lainnya dibuang melalui hembusan nafas. Walaupun tetap ada nitrogen yang terlarut di darah tidak akan bereaksi karena sifat N2 yang inert/sulit bereaksi. Na itulah salah satu penyebab mengapa nitrogen memiliki jumlah yang banyak di udara.

1. nitrogen adalah yang mudah menguap di sebagian bentuknya
2. itu adalah tidak reaktif dengan bahan yang membentuk bumi padat
3. sangat stabil dengan adanya radiasi matahari.

    Untuk memahami kelimpahan N di atmosfer, hal ini berguna untuk membandingkannya dengan O (elemen berikutnya yang paling berlimpah di atmosfer). Dibandingkan dengan O, N adalah 4 kali lebih banyak di atmosfer. Namun, kami juga harus mempertimbangkan jumlah relatif dari O dan N atas seluruh bumi (oksigen adalah sekitar 10.000 kali lebih berlimpah). Ini kelimpahan duniawi keseluruhan mencerminkan komposisi bahan dari mana Bumi awalnya dibentuk dan proses akresi bumi. Oksigen adalah komponen utama dari bumi padat, bersama dengan Si dan unsur-unsur seperti Mg, Ca dan Na. Nitrogen tidak stabil sebagai bagian dari kisi kristal, sehingga tidak dimasukkan ke dalam bumi padat. Inilah salah satu alasan mengapa begitu diperkaya nitrogen di atmosfer relatif terhadap oksigen. Alasan utama lainnya adalah bahwa, tidak seperti oksigen, nitrogen sangat stabil di atmosfer dan tidak terlibat untuk sebagian besar dalam reaksi kimia yang terjadi di sana. Dengan demikian, dari waktu ke waktu geologi, telah dibangun di atmosfir dalam tingkat yang jauh lebih besar dari oksigen. Penting untuk mengetahui bahwa kedua nitrogen dan oksigen sangat erat terlibat dengan siklus kehidupan di planet ini, tapi itu siklus bahan kimia melalui materi ini pada skala waktu yang singkat relatif terhadap proses geologis yang ada, dari waktu ke waktu, menjadikan bumi apa adalah hari ini (komposisinya dan fisik). N dan O ditemukan dalam biosfer hidup dan bahan organik fosil (dan keduanya larut dalam air laut juga). Tapi, hanya sebagian kecil (kurang dari 1% untuk N dan masih banyak kurang dari 1% untuk O) dari total elemen ini di planet ini dapat ditemukan di tempat-tempat ini
.

kita bisa bayangkan jika bukan gas Nitrogen yang paling banyak di udara melainkan gas Oksigen , kira - kira apa yang bisa terjadi....



2 comments:

  1. kaitan Nitrogen dengan tumbuhan. apakah bisa nitrogen diudara ini di ikat atau pun diserap(atau apalah istilahnya) oleh tumbuhan untuk memenuhi keperluan nitrogen. jika bisa, bagaimana proses nya.
    terima kasih untuk jawaban nya...

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum mbak..numpang tanya nih
    berkenaan dengan nitrogen dan tumbuhan.
    apakah bisa nitrogen di udara ini di ikat atau diserap (atau apapun namanya) oleh tumbuhan untuk memenuhi keperluan nitrogen tumbuhan tersebut. jika bisa bagaimana proses nya.
    terima kasih mbak atas jawabannya.
    wassalam

    ReplyDelete

Komentarnya!!!!!!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...