Sunday 26 February 2012

Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) 2012 Hadir Kembali

omba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) 2012 Hadir Kembali

by on 05/11/11 at 4:49 pm | No Comment | |
LOMBA RANCANG PABRIK TINGKAT NASIONAL (LRPTN) 2012

LRPTN merupakan sebuah kompetisi rancang pabrik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB, bekerjasama dengan Program Studi Teknik Kimia ITB, serta didukung oleh Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI). Kompetisi ini mengikutsertakan seluruh mahasiswa Teknik Kimia di Indonesia dan mengundang juri-juri dari kalangan perusahaan EPC (Engineering, Procurement, and Construction), akademisi, dan praktisi yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menilai kualitas perancangan pabrik dari para peserta.
LRPTN sudah diadakan sebanyak 12 kali sejak tahun 1996. Kompetisi dalam LRPTN dibagi menjadi 3 kategori, yaitu 2 kategori perancangan pabrik dan 1 kategori problem solving.
Tema yang diangkat pada LRPTN 2012 adalah :
” PENGEMBANGAN INDUSTRI BAHAN KIMIA ADI DAN KHUSUS
(FINE AND SPECIALTY CHEMICAL)
SEBAGAI UPAYA DIVERSIFIKASI INDUSTRI INDONESIA “
Industri bahan kimia adi dan khusus menjadi sorotan dalam LRPTN 2012 karena industri ini umumnya merupakan industri skala kecil-menengah yang diharapkan dapat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi untuk mengaplikasikannya dengan modal dan teknologi yang lebih mudah dan relatif murah. Bahan kimia adi dan khusus juga umumnya diproduksi dalam jumlah relatif kecil dan bernilai ekonomis tinggi, sehingga memberikan peluang bagi para produsennya untuk berkreasi mengolah bahan baku yang tersedia. Dalam perkembangan teknologi akhir dasawarsa ini, teknologi hijau menjadi satu aspek yang tidak boleh dilupakan dalam perencanaan suatu industri karena kiblat industri dunia yang sedang bergerak pada aktivitas ramah lingkungan dan dapat membangun secara berkepanjangan. Dengan adanya teknologi hijau, industri yang masa sekarang diharapkan tidak mewariskan masalah kepada generasi-generasi mendatang. LRPTN dibagi ke dalam 3 kategori, yaitu :
Kategori A : Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Melalui Pengembangan Produk Bahan Kimia Adi Berbasiskan Teknologi Hijau
Kategori B : Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Melalui Pengembangan Industri Bahan Kimia Khusus Berbasiskan Teknologi Hijau.
Kategori C : Problem Solving (soal masih dalam konfirmasi)
Lomba ini terbuka bagi seluruh mahasiswa Teknik Kimia. Persyaratan umum yang wajib dipenuhi untuk mengikuti lomba ini adalah :
  1. Calon peserta diwajibkan membuat tim/kelompok yang terdiri dari 3 anggota kelompok.
  2. Peserta tidak diperkenankan mengikuti kategori A dan B sekaligus.
  3. Setiap kelompok calon peserta kategori A dan B harus mempunyai 1 (satu) orang dosen pembimbing.
  4. Setiap calon peserta harus berasal dari bidang studi Teknik Kimia dan masih berstatus mahasiswa S-1 sampai 13 Januari 2012.
  5. Setiap calon peserta tidak sedang mendapatkan sanksi akademik.
  6. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan menempuh langkah-langkah pendaftaran yang dijabarkan dalam poin (2).
  7. Calon peserta wajib menyediakan berkas-berkas administrasi yang disyaratkan oleh panitia.
  8. Setiap berkas yang masuk ke tangan panitia menjadi milik panitia sepenuhnya.
Pendaftaran lomba ini dibagi dalam 2 langkah, yaitu :
1. Langkah 1 : 28 November 2011 – 13 Januari 2012
- Pengisian formulir online di www.lrptn.com/pendaftaran-LRPTN/
- Pengiriman abstrak dan berkas administrasi (softcopy pasfoto, KTM, dan surat keterangan masih kuliah)

2. Langkah 2 : 13 Januari – 2 Maret 2012
- Pengumpulan laporan akhir dan surat pernyataan yang nanti dapat diunduh di web.

Grand Prizes:
Kategori A dan B:
Juara I : Rp 9.000.000,-
Juara II : Rp 7.500.000,-
Juara III : Rp 6.000.000,-

Tiga kelompok dengan nilai tertinggi dari setiap kategori wajib melakukan presentasi akhir mengenai hasil perancangannya di acara “Grand Final LRPTN 2012” yang akan diadakan pada tanggal 25-26 April 2012.
Pada akhirnya, penyelenggaraan LRPTN ini diharapkan dapat menjadi suatu wadah berkarya bagi mahasiswa seluruh Indonesia dalam lingkup keilmuan Teknik Kimia dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan industri nasional.
Info lebih lanjut, silakan hubungi :
CP : 0898 745 2045
Email: pendaftaran@lrptn.com
Website: www.lrptn.com
Ditunggu partisipasinya!

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya!!!!!!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...