Wednesday 7 March 2012

Materi Alkena dan Alkuna

 yeah kembali lagi saya share tentang kimia organik khusushya mengenai alkuna dan alkena,,,,,,,
Hidrokarbon dengan ikatan rangkap membentuk keluarga alkena. Hydrocarbons with triple bonds make up the alkyne family. Hidrokarbon dengan ikatan rangkap tiga membentuk keluarga alkuna. Open chain alkenes with one double bond have the general formula, C n H 2 n , where n equals the number of carbon atoms. Alkena rantai terbuka dengan satu ikatan rangkap memiliki rumus umum, C n H 2 n, dimana n sama dengan jumlah atom karbon. Open chain alkynes with one triple bond have the general formula, C n H 2 n - 2 . Alkynes rantai terbuka dengan satu ikatan rangkap tiga memiliki rumus umum, C n H 2 n - 2.
Like the alkanes and other hydrocarbons, they are insoluble in water and are flammable. Seperti alkana dan hidrokarbon lain, mereka tidak larut dalam air dan mudah terbakar. The most familiar alkenes are ethene and propene. Para alkena paling dikenal adalah etena dan propena. Ethyne (acetylene) is an important alkyne. Etuna (asetilena) adalah alkuna penting.

CH 2 =CH 2 CH 2 = CH 2
ethene etena

CH 3 -CH=CH 2 CH 3-CH = CH 2
propene propena

HC HC - (Ikatan rangkap tiga) - CH CH
ethyne etuna
The geometry of ethyne is linear, as shown above, but the structure of ethene and propene are different than what you see in the structural formula. Geometri dari etuna adalah linier, seperti yang ditunjukkan di atas, tetapi struktur etena dan propena yang berbeda dari apa yang Anda lihat dalam rumus struktural. In fact, the two double bonded carbons are sp 2 hybridized (see Chemical Bonding: Geometry ), and therefore are trigonal planar, giving ethene this shape: Bahkan, dua karbon terikat double sp 2 hibridisasi (lihat Bonding Kimia: Geometri ), dan oleh karena itu trigonal planar, memberikan etena bentuk ini:
HH HH
 \ / \ /
  C = C C = C
 / \ / \
HH HH
And in propene, this shape: Dan dalam propena, bentuk ini:
HH HH
     \ / \ /
      C = C C = C
     / \ / \
H - CH H - CH
   / \ / \
  HH HH
because of the sp 3 in the single bonded carbon. karena 3 sp dalam karbon terikat tunggal.

IUPAC Naming of Alkenes IUPAC Penamaan dari Alkena

The rules for naming alkenes are basically the same as those of alkanes (see previous section ), but with two differences. Aturan untuk penamaan alkena pada dasarnya sama dengan alkana (lihat bagian sebelumnya ), tetapi dengan dua perbedaan. The parent chain must include the double bond even if it makes it shorter than the others. Rantai induk harus menyertakan ikatan rangkap bahkan jika itu membuatnya lebih pendek dari yang lain. And the parent alkene chain must be numbered from whichever end gives the first carbon of the double bond the lower of two possible numbers . Dan rantai alkena orangtua harus diberi nomor dari mana akhirnya memberikan karbon pertama dari ikatan rangkap dua yang lebih rendah dari angka mungkin. Also, the location number should be given as to where the double bond is (except ethene or propene, where the location will always be 1). Juga, jumlah lokasi harus diberikan ke mana ikatan ganda (kecuali etena atau propena, dimana lokasi akan selalu 1). For example: Sebagai contoh:
CH 3 CH 2 CH=CH 2 CH 3 CH 2 CH = CH 2
4 4   3 3   2 1 2 1

1-butene 1-butena
CH 3 CH=CHCH 3 CH 3 CH = CHCH 3
1 1   2 3 4 2 3 4

2-butene 2-butena
   CH 3 CH 3 CH 3 CH 3
     | |    | |
CH 3 CH 2 CHCH 2 CH=CCH 3 CH 3 CH 2 CH 2 = CHCH CCH 3
7 7   6 6   5 4 5 4   3 21 3 21

2,5-dimethyl-2-heptene 2,5-dimetil-2-heptene
Alkanes which have two double bonds are dienes , those with three are trienes , and so forth. Alkana yang memiliki dua ikatan rangkap adalah diena, mereka dengan tiga adalah trienes, dan sebagainya. Each double bond has to be located by a number. Setiap ikatan rangkap harus terletak dengan sebuah nomor.
CH 2 =CHCH=CHCH 3 CH 2 = CHCH = CHCH 3
1 1    2 3 4 5 2 3 4 5

1,3-pentadiene 1,3-pentadiene
 
 CH 2 =CHCH 2 CH=CH 2 CH 2 = CH 2 CHCH = CH 2
1 1    2 3 2 3   4 5 4 5

1,4-pentadiene 1,4-pentadiene
 
 CH 2 =CHCH=CHCH=CH 2 CH 2 = CHCH = CHCH = CH 2
1 1    2 3 4 5 6 2 3 4 5 6

1,3,5-hexatriene 1,3,5-hexatriene

* alkynes also follow similar naming conventions * * Alkynes juga mengikuti konvensi penamaan yang sama *


Geometric Isomerism among the Alkenes Isomerisme geometris antara Alkena

There is no free rotation of a double bond. Tidak ada rotasi bebas dari ikatan ganda. Doing so would break it. Melakukan hal itu akan mematahkannya. Therefore, many alkenes exhibit geometric isomerism For example, cis -2-butene and trans -2-butene are geometric isomers. Cis means "on the same side," while trans means "on opposite sides." Oleh karena itu, alkena banyak menunjukkan isomer geometris Misalnya, cis-2-butena dan trans-2-butena adalah isomer geometris Cis berarti "pada sisi yang sama," sementara sarana trans "pada sisi yang berlawanan.". They refer to the orientation of the structure presented. Mereka mengacu pada orientasi struktur disajikan. To illustrate: Untuk menggambarkan:
CH 3 CH 3   CH 3 CH 3
 \ \     / /
  C C   = =   C C
 / /     \ \
H H     H H

cis -2-butene cis-2-butena
CH 3 CH 3    H H
 \ \     / /
  C C   = =   C C
 / /     \ \
H H    CH 3 CH 3

trans -2-butene trans-2-butena
Generally, the differences in physical properties are measurable, but their chemical properties are very similar. Secara umum, perbedaan dalam sifat fisik yang diukur, tetapi sifat kimianya yang sangat mirip.

Addition Reactions of Alkenes Penambahan Reaksi Alkena

Alkenes are Lewis bases (electron pair donors) because the Alkena adalah basa Lewis (donor pasangan elektron) karena pi bond of the carbon-carbon double bond is projected outward where electron-seeking reactants are able to get it. ikatan ikatan karbon-karbon ganda diproyeksikan ke luar di mana elektron-seeking reaktan mampu mendapatkannya. They will react very readily with Lewis acids (electron pair acceptors) and strong Brønsted acids (proton donors). Mereka akan bereaksi sangat mudah dengan asam Lewis (akseptor pasangan elektron) dan asam Brønsted kuat (donor proton). The addition reactions of alkenes make pieces of a reactant become separately attached to the carbons at the ends of a double bond. Reaksi adisi dari alkena membuat potongan-potongan dari suatu reaktan menjadi terpisah melekat pada karbon pada ujung ikatan ganda. Ethene readily reacts with hydrogen chloride to make 1-chloroethane: Etena mudah bereaksi dengan hidrogen klorida untuk membuat 1-kloroetan:
HHHH + Hhhh +    HH HH
 \ / | | \ / | |     | | | |
  C = C + H-Cl ==> HCCH C = C + H-Cl ==> HCCH    + Cl - ==> HCCH + Cl - ==> HCCH
 / \ | | / \ | |     | | | |
HH H HH H    H Cl H Cl

 CH 2 =CH 2 + H-Cl ==> CH 3 -CH 2 + + Cl - ==> CH 3 -CH 2 -Cl CH 2 = CH 2 + H-Cl 
==> CH 3-CH 2 + + Cl - ==> CH 3-CH 2-Cl
      ethyl carbocation etil karbokation
      (exists for short duration) (Ada untuk jangka waktu pendek)
Another reaction involves ethene and water, giving ethanol (ethyl alcohol), while sulfuric acid acts like a catalyst . Reaksi lain melibatkan etena dan air, memberikan etanol (etil alkohol), sedangkan tindakan asam sulfat seperti katalis .
HH HH      HH + HH +      HH HH
 \ / \ /      | | | |       | | | |
  C = C + H 2 SO 4 + H 2 O ==> HCCH C = C + H 2 SO 4 + H 2 O ==> HCCH    + HSO 4 - + H 2 O ==> 
HCCH + HSO 4 - + H + ==> C 2 H 5 OH + H 2 SO 4 + HSO 4 - + H 2 O ==> HCCH + HSO 4 - + H + 
==> C 2 H 5 OH + H 2 SO 4 
 / \ / \      | | | |       | | | |
HH HH     H H      H OH H OH

Hydrogenation--Addition of Hydrogen Hidrogenasi - Penambahan Hidrogen

When an alkene is hydrogenated, it becomes and alkane. Ketika suatu alkena terhidrogenasi, menjadi dan alkana. It requires a catalyst--powedered platinum, for example-- and often high heat and pressure though. Hal ini membutuhkan katalis - platinum powedered, misalnya - dan sering panas tinggi dan tekanan sekalipun. The following is the hydrogenation of 2-butene: Berikut ini adalah hidrogenasi 2-butena:
CH 3 CH=CHCH 3 + HH ==> CH 3 CH-CHCH 3 or CH 3 CH 2 CH 2 CH 3 CH 3 CH = CHCH 3 + HH 
==> CH 3 CH-CHCH 3 atau CH 3 CH 2 CH 2 CH 3
      | | | |
      HH HH
 2-butene butane 2-butena butana

Sifat – Sifat Alkuna

Ditulis oleh Zulfikar pada 29-09-2010
Sifat fisika alkuna secara umum mirip dengan alkana dan alkena, seperti :
  1. Tidak larut dalam air
  2. Alkuna dengan jumlah atom C sedikit berwujud gas, dengan jumlah atom C sedang berwujud cair, dan dengan jumlah atom C banyak berwujud padat.
  3. Berupa gas tak berwarna dan baunya khas
  4. mudah teroksidasi atau mudah meledak.
Titik didih beberapa senyawa alkuna disajikan pada Tabel 12.4.
tabel 12.4
Tabel 12.4. Titik Didih beberapa Senyawa Alkuna
Alkuna sebagai hidrokakbon tak jenuh, memiliki sifat menyerupai alkena tetapi lebih reaktif. Reaktiftas alkuna disebabkan karena terbongkarnya ikatan rangkap tiga dan membentuk senyawa baru. Atas dasar ini maka reaksi alkuna umumnya reaksi adisi. Contoh reaksi adisi alkuna dengan gas halogen, seperti gas bromine (Br2), klorine (Cl2) dan iodine (I2). Ikatan rangkap tiga terlepas dan senyawa halogen masuk pada kedua atom karbon. Reaksi terus berlangsung sehingga seluruh ikatan rangkapnya terlepas, dan membentuk senyawa haloalkana. Persamaan reaksi ditunjukan pada Bagan 12.27.
bagan 12.27
Bagan 12.27. Reaksi adisi alkuna dengan halogen
Reaksi lainnya yaitu adisi dengan senyawa hidrogen menggunakan katalis Nikel, persamaan reaksi dapat dilihat pada Bagan 12.28.
bagan 12.28
Bagan 12.28. Reaksi hidrogenasi 2-butuna dengan katalisator Nikel
Pemanfaatan Akuna seperti pemanfaatan gas etuna (asetilena) untuk pengelasan. Gas asetilena dibakar dengan gas Oksigen mengahsilkan panas yang tinggi ditandai dengan kenaikan suhu sampai dengan 3000 º C, sangat cocok untuk mengelas logam, perhatikan Gambar 12.29. Selain itu, alkuna juga dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan senyawa lain, karena senyawa ini cukup reaktif.
bagan 12.29
Gambar 12.29. pemanfaatan gas asetilena untuk pengelasan
Isomeri pada alkuna sama dengan isomer pada alkena, dimana sifat isomer terjadi karena perpindahan ikatan rangkap sehingga isomer pada alkuna dan pada alkena disebut dengan isomer posisi. Contoh isomer posisi adalah senyawa 2-butuna denga 1-butuna, perhatikan Gambar 12.30. Perlu kita ingat, isomer pada alkena terjadi karena perbedaan pada rantainya dan sering disebut dengan isomer rantai.
bagan 12.30
Bagan 12.30. Isomer senyawa 1-butuna dengan 2- butuna
Senyawa alkana dapat dibedakan dengan alkena dan alkuna. Pembedaan ini dapat dilakukan dengan reaksi penambahan senyawa bromine (Br2). Reaksi adisi pada senyawa alkana tidak terjadi. Sedangkan untuk senyawa alkena maupun alkuna terjadi reaksi Brominasi, peristiwa reaksi ini dapat diikuti dengan mudah, senyawa alkana tidak memberikan perubahan warna ditambahkan dengan senyawa Bromin yang berwarna merah, warna larutan akan tetap berwarna merah.
Berbeda dengan senyawa alkena dan alkuna yang tidak berwarna bereaksi dengan bromin dan terjadi reaksi adisi membentuk senyawa halida yang tidak berwarna, larutan akan tetap tetap tidak berwarna dan terjadi senyawa alkena yang mengandung gugus bromide.
Jika reaksi ini terus dilanjutkan, maka reaksi adisi terjadi lagi dan terbentuk senyawa alkana yang mengandung gugus bromide. Untuk lebih jelasnya perhataikan Bagan 12.31.
bagan 12.31
Bagan 12.31. Reaksi brominasi sebagai pembeda antara alkana dengan alkena atau alkuna

jika kopy paste tolong,,,,,
Komentnya Yeah!!!!!

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya!!!!!!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...