Thursday 31 January 2013

Pemisahan Campuran Homegen dengan Metode Adsorben

       Adsorpsi atau penjerapan adalah suatu proses yang terjadi ketika suatu fluida, cairan maupun gas , terikat kepada suatu padatan atau cairan (zat penjerap, adsorben) dan akhirnya membentuk suatu lapisan tipis atau film (zat terjerap, adsorbat) pada permukaannya. Berbeda dengan absorpsi yang merupakan penyerapan fluida oleh fluida lainnya dengan membentuk suatu larutan.
       Adsorpsi juga dapat diartikan sebagai proses penyerapan zat, dapat berupa gas atau cairan yang hanya terserap pada suatu permukaan zat padat atau zat cair. Zat yang diserap hanya berapa di sekeliling permukaan zat. Karena zat yang terserap hanya di permukaan, maka zat itu menutupi seluruh permukaan zat. Dikatakan zat itu dapat berfungsi sebagai selimut.
       Peristiwa adsorpsi di atas menguntungkan bagi manusia. Campuran yang dikenal sebagai koloid, memiliki sifat yang peranannya dalam kehidupan manusia sangat penting, yaitu adsorpsi. Setiap koloid mampu mengadsorpsi apa saja yang ada di sekitarnya, baik ion, racun, maupun kotoran, atau lainnya. Sungguh luar biasa.Silakan putar video di bawah.

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya!!!!!!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...