yeah balik lagi aku posting..kali ini saya ingin memposting mengenai dosen,,,yeah menurut saya postingan ini penting demi terciptanya bibit unggul atau kata lain mahasiswa - mahasiswa yang berkualitas,,,,,ingin tau seperti apa sih dosen yang baik,,,,n kita sebagai mahasiswa tentunya ingin diajar oleh dosen yang baik, bukan...ok
ini salah satu gambaran dosen yang baik,,,,,,,,mudah - mudahan gambran ini anda termasuk di dalamnya, maksd saya bagi yang jadi dosen,
Empathy : Mampu menumbuhkan ikatan
(batin) dengan mahasiswanya sehingga bisa memahami dan menyelami
perasaan dan emosi mereka. Mampu berkomunikasi sesuai dengan level
mahasiswa. Berempati saat mereka gagal atau down dan ikut merasakan
kebahagiaan saat mereka sukses.
Positive Mental Attitude Mampu
berpikiran positif . Selalu menampilkan wajah yang ramah dan masih
bisa tersenyum sekalipun di situasi sulit. Senantiasa melihat segala
sesuatu dari sisi yang menyenangkan. Mencari hal-hal yang positif dari
setiap situasi yang negative . bisa berpikir filosofis.
Open to Change : Bisa menyadari bahwa hal yang
konstan dalam hidup adalah perubahan. Tahu mana yang merupakan tradisi
yang harus dipertahankan dan mana yang memerlukan cara baru, ide baru,
system baru, dan pendekatan baru. Tidak berpikiran kaku , selalu
terbuka dan mau mendengarkan ide-ide orang lain.
Role Model : Guru atau dosen itu
jendela tempat anak-anak muda melihat gambaran masa depannya, karena itu
jadilah contoh atau teladan yang baik.
Creative : Dosen bisa memotivasi anak didiknya
melalui metode pengajaran yang kreatif dan inspirasional. Gunakan
pendekatan yang unik sehingga perkuliahan menjadi menyenangkan dan
mahasiswa dapat menemukan ide-ide baru.
Sense of Humour : Humor bisa
menghilangkan hambatan dan mencairkan suasana yang tegang dan serius.
Kemampuan menghidupkan perkuliahan dengan memberi contoh-contoh kasus
yang bisa mengundang tawa akan memudahkan mahasiswa mengingat dan
memahami materi. Dosen yang humoris biasanya akan popular di kalangan
mahasiswanya.
Presentation Skills : Mahasiswa
ada yang bertipe visual, auditory dan kinaesthetic , karena itu
sebaiknya dosen menyiapkan gaya presentasi yang menampung ketiga tipe
pembelajar tersebut. Bahasa tubuh dosen merupakan komunikator utama dan
gunakan dengan positif setiap saat. Seperti orator, dosen harus semangat
saat berbicara. Namun pada saat yang sama dosen membuka kesempatan
untuk diskusi dan menerima masukan dari mahasiswa.
Calmness : Terkadang dosen harus
menghadapi mahasiswa yang berperilaku negatif . Perlu disadari bahwa
mahasiswa yang demikian itu mempunyai akar penyebabnya , mungkin
pengalaman hidup yang buruk yang dialaminya di masa lalu. Dosen harus
mampu bertindak tenang dan mampu mengontrol emosi saat menghadapi
mahasiswa yang bersikap dan berperilaku negatif. Dosen yang baik adalah
dosen yang mampu merubah atau membantu mahasiswa-mahasiswa yang
bermasalah.
Respectful : Kita tahu bahwa
setiap orang itu sama pentingnya, sama berharganya. Setiap orang
mempunyai tempat di dunia ini. Semua orang berhak diperlakukan sama.
Karena itu dosen haruslah bisa menghargai rekan kerja maupun
mahasiswanya. Apabila kita menghargai orang lain, maka mereka juga
akan menghargai kita.
Inspirational : Guru atau dosen dapat merubah
kehidupan anak muda dengan cara membantu mereka menyadari potensinya,
membantu agar bisa bertumbuh, membantu menemukan bakat, ketrampilan dan
kemampuan mereka.
Passion : Bersemangatlah dalam
segala hal yang kita kerjakan. Mendidik anak muda menjadi tugas
panggilan utama seorang guru atau dosen. Misi yang diemban guru adalah
membuat sesuatu yang berbeda ( membuat anak muda yang semula bukan
siapa-siapa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat).
Willing to Learn : Jangan pernah berhenti belajar. Jangan segan atau malu belajar pada dosen lainnya atau bahkan dari mahasiswa.
yeah,,sampi disini saja yang dapat saya bagikan,,,,,yeah jadilah dosen yang punya potensi, yang bisa mencipatakan mahasiswa punya potensi luar biasa,,,,,ingatlah tanggung jawab anda sebagai dosen ,,,jangn hanya memikirkan gajinya saja,,
MENU MURNI'S BLOG
Artikel Populer
-
PENENTUAN HASIL KALI KELARUTAN PbI 2 I. Tujuan Mempelajari cara penentuan hasil ...
-
Daya Oksidasi Relatif Halogen DAN Identifikasi Alkali Tanah-Halida I. Tujuan Percobaan : ...
-
Kristalisasi merupakan salah satu cara untuk memisahkan zat padat dari komponen-komponen lain penyusun campuran. Kristalisasi ada dua ma...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Air merupakan kebutuhan yang paling utama bagi makhluk hidup. Man...
-
A. TUJUAN PERCOBAAN · Menjelaskan prinsip konduktometri · Melakukan titrasi konduktometri · Mencari hantaran ...
-
Untuk membuat larutan asam sulfat encer dari larutan asam sulfat pekat 98% maka langkah pertama adalah dengan menghitung terlebih dahulu m...
-
Pengendalian Level 1. TUJUAN : q Mengetahui prinsip alat pengukur ketinggian level switch dan differential switch. q Menge...
-
. ketika mengaliran udara di dekat permukaan kulit kita (yang berkeringat) maka tekanan di permukaan kulit akan menjadi lebih kecil sehingg...
-
Material atau bahan adalah zat atau benda yang dari mana sesuatu dapat dibuat darinya, atau barang yang dibutuhkan untuk membuat sesuat...
-
I. PEMBAHASAN Mencari Kesetaraan mL H2O2 dengan Na 2 S 2 O 3 Percobaan ini bertujuan untuk mempelajari kinetika reaksi d...
Monday 23 April 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Komentarnya!!!!!!!!!